Masalah Hasil Foto yang Buram pada Ponsel Xiaomi Mi A2

Jadi, aku akan menceritakan masalah hasil foto yang buram pada kamera ponselku, yakni Xiaomi Mi A2.

Awal mula kejadiannya adalah ketika kantor tempatku bekerja sedang mengadakan sebuah acara–semacam syukuran kecil-kecilan–setelah kami pindah ke gedung yang baru beberapa bulan yang lalu. Pada waktu itu ada sebuah kelompok musik yang membawakan lagu-lagu yang kuduga merupakan lagu-lagu dari Austria, negara asal bos kami. Tentu saja aku ingin mengabadikan momen penampilan kelompok musik tersebut melalui video.

Namun, ketika aku mengarahkan kamera ponselku dalam posisi landscape dan hendak merekamnya, aku menyadari bahwa pada bagian sisi kiri tampak terlihat buram. Kucoba menyentuh layar pada bagian sisi kiri untuk memfokuskan kamera ponselku, tapi tetap saja terlihat buram. Tak ada perubahan sama sekali.

Hal pertama yang kucurigai sebagi akar sumber permasalahannya adalah pembaharuan berkala Android One dari Google/Xiaomi, sebab kurasa masalah ini tidak muncul sebelum aku memperbaharui Android One pada bulan Juli. Oleh karena aku menduga ini merupakan masalah di tingkat perangkat lunak, maka kupikir aku hanya bisa menunggu tiba saatnya pembaharuan berkala selanjutnya, dengan harapan masalah ini akan berhasil diatasi.

Sayangnya, harapan hanya tinggalah harapan. Dua kali pembaharuan berkala sudah kulakukan, namun masalah hasil foto yang buram tak kunjung terselesaikan.

Akhirnya aku mencoba mencari-cari di dunia maya, apakah ada orang lain di belahan Bumi mana saja, yang juga mengalami masalah yang sama. Ternyata aku tak sendiri. Dan setelah kubaca-baca, solusi satu-satunya adalah mengganti modul kamera pada ponsel Xiaomi Mi A2.

Dengan perasaan ingin membuktikan hasil penemuanku tersebut, aku pun membawa ponselku lengkap beserta dengan kotak dus dan kartu garansi maupun nota pembeliannya ke Mi Authorized Service Center yang bertempat di Mega City Hypermall, Bekasi.

Di sana, ponselku kemudian diperiksa dengan saksama, dan dalam tempo yang relatif tak terlalu lama, teknisinya memintaku untuk mencoba kembali kameranya. Dari hasil bidikannya sudah tidak tampak lagi ada bagian yang buram. Aku bertanya kepada teknisinya, "Apa yang diperbaiki?" Dia pun menjawab, "Modul kameranya yang diganti."

Yak! Ternyata dugaanku selama ini salah. Akar permasalahannya memang betul ada pada perangkat keras, yakni modul kamera ponsel Xiaomi Mi A2. Setelah modul kameranya diganti, masalah hasil foto yang buram pada ponsel Xiaomi Mi A2 milikku tidak terjadi lagi. Hasil foto terlihat tajam di setiap sisinya.

Untunglah ponsel Xiaomi Mi A2 milikku masih memiliki sisa masa garansi, sehingga aku tidak dikenakan biaya apa pun untuk jasa layanan perbaikan dan penggantian modul kameranya.

Jadi, apabila kamera ponsel Xiaomi Mi A2 milikmu juga mengalami masalah hasil foto yang buram sama sepertiku, aku sarankan segera bawalah ponsel Xiaomi Mi A2 milikmu ke Mi Authorized Service Center terdekat untuk mendapatkan penggantian modul kamera.

Terima kasih, Xiaomi!

Komentar