Contratiempo

Contratiempo, atau di pasar film internasional lebih dikenal dengan judul The Invisible Guest, adalah sebuah film Spanyol bergenre thriller misteri. Namun, tema misteri yang membalut kisah ini tidak berkaitan sama sekali dengan hal-hal yang berbau gaib atau mistis, melainkan misteri kasus pembunuhan di ruangan tertutup. Menarik, bukan?



Adalah Adrian Doria, seorang pengusaha sukses yang tengah berada di puncak karirnya, sedang menghadapi tuduhan serius yang dapat menghancurkan seluruh kehidupannya. Ia dituduh melakukan pembunuhan terhadap Laura Vidal, wanita pelakor selingkuhannya.

Laura ditemukan tewas di dalam sebuah kamar hotel di kaki gunung terpencil bersama Adrian. Pintu dan jendela kamar hotel yang terkunci dari dalam serta tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan orang ketiga di kamar itu menunjukkan bahwa Adrian adalah satu-satunya orang yang paling memungkinkan untuk melakukan tindak kejahatan tersebut. Tentu saja, Adrian menepis tuduhan itu. Dia bersikukuh bahwa dirinya dijebak oleh pelaku pembunuhan yang sebenarnya. Adrian mengatakan kepada polisi bahwa ada orang lain di dalam kamar hotel selain Laura dan dirinya.

FĂ©lix Leiva, pengacara pribadi Adrian nan loyal, kemudian menghubungi koleganya, seorang pengacara kawakan bernama Veronica Goodman. Veronica, yang akan memasuki masa pensiunnya dalam waktu dekat, memiliki catatan rekor tak pernah terkalahkan sepanjang musim kompetisi 2003/2004 karirnya dalam persidangan. Oleh karena itulah, dengan bantuan dari Veronica, Adrian berharap bisa keluar dari jeratan kasus pembunuhan ini.

Veronica mau saja membantu Adrian, memberikan konsultasi agar kesaksiannya terdengar lebih meyakinkan bagi para juri di persidangan nanti, tetapi dengan syarat Adrian harus mau menceritakan setiap detail dari semua kejadian yang pernah dialaminya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Melihat tidak ada pilihan lain, Adrian pun menyetujui persyaratan yang diajukan oleh Veronica.

Lalu, berlanjut dari pertukaran cerita di antara keduanya, rincian dari setiap peristiwa serta kisah masa lalu Adrian pun mulai terkuak sedikit demi sedikit, menuju satu kebenaran sejati demi terwujudnya keadilan yang hakiki.

Siapakah pelakunya?

Apa motif sang pelaku?

Bagaimana Laura dibunuh?

* * *

Sulit rasanya bagiku untuk memaparkan poin-poin yang menarik dari film ini tanpa harus membocorkan jalan ceritanya.

Contratiempo dimulai tanpa terlalu banyak basa-basi. Kita akan langsung diajak mengenali situasi dan kondisi serta tokoh-tokoh yang terlibat dalam kasus ini melalui banyak dialog di dalamnya.

Bagian awal dari film ini menyajikan percakapan yang panjang dengan tutur kata yang cepat. Namun, seiring berjalannya waktu, aku mulai bisa beradaptasi dengan tempo penceritaannya.

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Oriol Paulo ini sering menggunakan adegan-adegan flashback dalam menjelaskan cerita, bahkan terkadang dengan ritme yang cukup cepat. Beberapa detail kecil sebagai kunci pemecahan kasus ini mungkin akan mudah terlewatkan serta plot twist-nya bisa jadi sedikit membingungkan.

Apabila kamu menyukai kisah detektif semacam Sherlock Holmes, atau penggemar komik detektif semisal Detektif Conan dan Detektif Kindaichi, maka kupikir kamu bakal menikmati film Contratiempo ini. Kasus pembunuhan di ruangan tertutup selalu menjadi daya tarik yang "seksi" dalam sebuah kisah detektif, dan menurutku, film ini mampu memikat penonton dengan suguhan misteri yang bisa membuat rasa penasaran tetap terjaga hingga akhir cerita.

Komentar